Rabu, 21 Januari 2009

Tips : Solusi Murah Pengganti Regulator / Kiprok

Hallo brother.... nih ada tips dari bro Ajay C-002 kalo kiprok brother ngadat alias rusak, kalo ngadat kan jadi ga bisa nyalurin / ngisi setrum ke accu, kalo accu ga ngisi, tau sendiri kan bro akibatnya. Kalo lagi punya duit ga perlu baca tips ini ya... haha... Tips ini cuma buat yang lagi boke bro...soalnya kalo ganti kiprok baru kan mahal tuh sekitar Rp 175rb an tapi kalo aplikasi tips ini cuma GOCENG doang...! percaya ga? lanjuuut...

Yang harus di siapin :

  • 2 buah Dioda 6 Ampere
  • Kabel secukupnya
  • Selotip Listrik

Langsung praktekin nih bro, liat skema di bawah ini



Ngerti kan bro :)
kalo ga ngerti sms ke no ini aja nih 08159953213 . haha lari dari tanggung jawab gw

biar lebih jelas gw upload jg photo2 nya nih.


Dioda 6 A 2 buah


Soket dari spull

nah tau kan ini apa.

tapi ada kelemahan juga ni bro, ma'lum GOCENG. cara ini bisa cepet bikin air accu abis, jadi harus rajin dikontrol tuh air accu.

ok bro semoga bermanfaat

keep brotherhood and don't rusuh

Salam

Hendra C-068

32 komentar:

pa' ketu mengatakan...

harap diingat trik ini hanya bisa digunakan pada Thunder 125cc, untuk thunder 250cc harus mengukur kapasitas dioda lagi.

Unknown mengatakan...

waduh thanx bgt bt tipsnya nih,sangat2 berguna bgt bg thunderianz smua,tp msh rada bingung nih itu berarti kiproknya g kepake ya bro?? trs kabelnya pake kabel yang gede yah..??? maklum thundie punyaku juga rada bermasalah sm kiproknya...mmm,trs efek kelistrikan lainnya ada ga bro...??

tolong bls secepatnya...
Iyan
prime_detective@yahoo.com

keep in rolling....

rokrs mengatakan...

Waah...info yang mantap bro....Kebetulan nih...aki ane ngedrop...spul masih cakep...klakson gak bisa & kalo sen nyala mesin mau mati....Thanks ya bro...

Tora Driver Club mengatakan...

Keren Infonya Bro

Idiot's learning IT mengatakan...

ini cuman buat sementara aja jangan terus menerus. karena ga ada pembatas tegangan, oleh karena itu air aki cepat habis lama2 klo ga ketahuan habis air akinya bisa ngerusak sel.
batas maksimal pengecesan ke aki 10% dari kapasitas ampere aki dan tegangan maksimal 15 volt standarnya 13,8 volt.

klo cuman pakai dioda kaya di atas arus listrik & tegangan dari spul ga dibatasin, hanya ngerubah listrik AC dari spul ke DC.

peace

Gatot Bike mengatakan...

saya sudah coba tips di atas bro...karna kiprok saya memang dah jebol.. motor dah saya pake 2 hari ini... dan ga ada masalah... YG saya tanyakan : 1. Seberapa lama kekuatan dioda itu sendiri..?. 2. Klo memang blm ada duit buat beli kiprok baru.. apakah ga bermasalah jika aplikasi tersebut di pake terus, dgn catatan selalu melakukan pengecekan air accu..???... Thanks .

bean ajah mengatakan...

mantab nih infonya.ane coba yak kang bro.:)

Denichae mengatakan...

Ane mau nanya bro, soalnya ane nyobain belum berhasil nih, mohon pencerahanya ya :
1. Kalo pake accu kering bisa gak ?
2. apakah accu harus dalam keadaan terisi ?
3. soal kaki dioda nya bisa lebih diperjelas yang ke arah mana yang anoda, yng katodanya kearah mana ..

Seblumnya ane ucapin terimakasih ..

thanks

Denichae mengatakan...

ama atu lagi bro, maaf kelwat :

4. klo liat gambar accu sambungannya untuk dioda langsung ke + aki ?? ane liat sekringnya kayak dilepas ?? apakah benur eh betul begitu bunyinya brotha ??

thanks

celotehjoker mengatakan...

Maaf mas brow sya newbie, klo lihat di skema arah diodenya seharusnya kemana yah , garis silvernya ke arah kabel spool atau ke arah arus positif Accu..? terimakasih banyak, soalnya saya belum berhasil..kiprox sya jebol belum lama ini dan blm ada dana untuk ganti.. :D

Ojo dumeh mengatakan...

soal pembatas tegangan bisa dikasih dioda zener bro,biar aki gak gampang jebol.

Solusi battery mengatakan...

trik diatas sangat ok untuk solusi jangka pendek mengatasi kekurangan pasokan energy listrik, siapa tahu ingin trik lain yang juga murah bisa mampir di sini http://mitrabaterai.blogspot.com/2012/06/cara-mudah-modifikasi-kiprok-regulator.html trik ini udah ane coba ke thunder hasilnya ok dapat menaikan cut out voltase jadi 14,5 volt, kekurangan kiprok thunder cut outnya rata-rata 13,5 volt

Unknown mengatakan...

aq udh pernah pke cara ini memang ada efeknya kalau aki basah airnya akan cepat habis dikarenakan volt dari spul trsbut misal dri spul mpnyai tegangan 13,5v AC diberi kiprok buatan sendiri dari 2 buah dioda keluarnya sama 13,5v DC
hanya itu ilmuku yg aq dpat dari kuliah

Unknown mengatakan...

aq udh pernah pke cara ini memang ada efeknya kalau aki basah airnya akan cepat habis dikarenakan volt dari spul trsbut misal dri spul mpnyai tegangan 13,5v AC diberi kiprok buatan sendiri dari 2 buah dioda keluarnya sama 13,5v DC
hanya itu ilmuku yg aq dpat dari kuliah

Unknown mengatakan...

maaf om para master saya ingin tau brapa ukuran kawat/imel spul pengisian&lampu untuk motor ,motor sy gt100 saya kasih acci 12v tekor&lampu tdk trang mohon bantuan rekan2 y makasih

bond elantiaz mengatakan...

thanks atas tips nya... tic cirebon kopdar dimana bro..?

Unknown mengatakan...

Maaf brow apa tidak ada efek lain selain air accu cepat habis....?
Soalnya saya pernah aplikasi kan trik tadi mlah kabel sikringnya kebakar...


Mohon pencerahannya

Unknown mengatakan...

menurut sy ini sala banget, kenapa ?,,, karna arus spul itu berubah-ubah kisaran 12-25 volt,, jadi apabila rpm tinggi(gas full) tegangan naik sampai 25 volt, tuh aki hancur deh,,, kan tegagan cuman 12 volt,, sedangkan cara kerja kiprok itu memakai dioda zener, apabil tegangan melewati dari 12 volt itu dioda zener baru bekerja membuang kelebihan tegangan ke groud jadi tegangan keluar stabil 12 volt walaupun rpm tinggi. itu seh menurut saya,, coba di ukur sendiri,,

Unknown mengatakan...

Gw setuju sama haerul hamka. Tegangan dari spul bisa sampe 25v. Sedangkan aki cuma butuh 12 volt. Kasian akinya.
Kalo kita googling rangkaian kiprok. Gak semudah ini. Karena ada batasan buat charge akinya.
Dari spul kan dioda 3 phase. Jadi pake 3 kabel.
Rumus yg di tulis di atas ini. Cuma pake 1 phase aja.

Unknown mengatakan...

yg jelas itu pastinya tips buat sementara memang dulu pernah gw pakai dioda sepeti itu air aki cpt boros efeknya bagus buat lampu sih, cuman umur aki jadi berkurang, inti nya klo sdh ada duit beli kiprok aja biar standart pabrikan lebih aman. saran gw gitu ja bro terimakasih.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
bejo bengkel radiator panggilan mengatakan...

klu pakai dioda kotak bisa g ya boss

Unknown mengatakan...

punya referensi wiring lain g mas.. ane butuh..tolong masukan nya

Unknown mengatakan...

Mantap sarannya bos, makasih, entar kucoba

Unknown mengatakan...

Mantap sarannya bos, makasih, entar kucoba

jamus alquri mengatakan...

Sory gn. Tpi klok mnurut ane lebih baik jika kiprok di gnti dengan dioda satan saya lbh baik akinya di copot dulu di ganti pakek elco (elektrolit condensator) 10.000 micro farat 50v 2 buah di pasang seri. Untuk menghindri kerusakan aki.. Harga aki lbh mahal dari pada capasiyor.. Kapasitor 10000 uf 1 biji hnya 15000. Dn klok ketahanan dioda itu sanagt kuat gan. Jadi dioda cukup awet.

Unknown mengatakan...

Sekedar tambahan aja, kasih aja ic regulator LM2576 setelahnya dioda cz ic itu masih sanggup menahan tegangan dari splu hingga 60V outputnya tetap stabil di 15 volt jadi tetap aman akinya, jangan lupa tambahin heatsing (pendingin)

Arsadadam mengatakan...

Maaf min, punya skema kelistrikan thunder 125 yang tipe en125hak tahun 2011-2015

Unknown mengatakan...

Dioda panas.... Gimana solusinya..
Klo pembatas tegangan di gabung pakai kiprog Honda grand yg murah... Oke juga.

juns mengatakan...

Kalau ditambah dioda zener gimana boss

Unknown mengatakan...

Ya kiprok singkirin aja di nggo

Shikamaru Nara mengatakan...

infonya sangat bermanfaat bagi ane
solder uap portable